Selasa, 18 Februari 2020

Cara Mengelola Inventory Barang


Pada saat anda tidak mengelola stok barang dengan baik maka kemungkinan hal-hal seperti kelebihan/kekurangan barang, kehilangan barang dan terganggunya jadwal pengiriman akan terjadi. Jika hal ini terus terjadi kemungkinan anda akan mengalami kerugian. Menghindari akan hal itu, berikut ini 6 tips mengelola stok barang dengan efektif. Menggunakan aplikasi sistem inventory akan memudahkan Anda mengelola stok barang perusahaan Anda, apabila ingin membuat aplikasinya sekarang sudah ada jasa pembuatan software inventory untuk kebutuhan perusahaan Anda.



Atur Tempat Penyimpanan agar Lebih Efisien


Tempat penyimpanan yang baik dimulai dari menata barang agar menjadi lebih rapi. Ketika anda menyusun barang-barang dengan teratur, maka pengambilan barang akan lebih mudah dan kemungkinan rusaknya barang akan berkurang. Selain itu anda juga tidak kesulitan untuk mencari barang yang dibutuhkan.

Jika anda memiliki banyak jenis barang maka pisahkan sesuai jenis dan kategori barang tersebut. Letakkan barang anda dalam rak-rak dan berilah label kepada tiap-tiap rak sesuai dengan kategori yang ada. Sediakan juga rak khusus untuk barang yang sering terjual dan pindahkan ke tempat yang mudah diakses agar memudahkan pengambilan barang.

Membuat Daftar dan Jumlah Stok Barang


Daftar dan jumlah stok barang adalah informasi penting yang harus anda ketahui setiap saat. Karena dengan informasi tersebut, anda dapat mengontrol aktivitas inventaris. Anda juga bisa menganalisis barang mana yang sering terjual dan mana yang sudah mulai menumpuk karena tidak kunjung terjual, sehingga anda dapat melakukan tindakan tepat dan sesuai dengan keadaan stok barang yang ada. Mengingat pentingnya sistem inventory barang dalam dunia bisnis sekarang maka dari itu jasa pembuatan program inventory hadir di Indonesia.

Contohnya, ketika anda sudah mulai kekurangan stok dan anda segera tahu kapan barang ini harus segera ditambah. Apalagi vendor anda membutuhkan waktu untuk memproses pemesanan, anda akan mempunyai waktu untuk memesan barang tersebut.

Untuk mendapatkan informasi tentang daftar dan jumlah stok barang dengan lebih akurat, anda butuh mencatat setiap pergerakan keluar-masuk barang. Pencatatannya dapat anda lakukan dengan cara tradisional dengan melalui formulir atau secara digital dengan menggunakan aplikasi.

Memperkirakan Pergerakan Stok Barang (Forecasting)


Salah satu hal yang harus anda lakukan adalah memperkirakan pergerakan stok barang atau membuat forecast. Artinya anda harus lebih dulu mengetahui jumlah stok barang yang akan dibutuhkan pada beberapa waktu ke depan. Apalagi jika anda menjual berbagai macam jenis barang tentunya ini akan sangat membingungkan. Akan tetapi ini adalah hal yang harus anda lakukan agar nantinya tidak terjadi kekurangan maupun kelebihan barang. Dengan forecasting anda dapat menyiapkan stok yang cukup di periode berikutnya. Hal ini tentunya akan menjaga stabilitas pada usaha yang anda jalani.

Contohnya jika pada bulan lalu anda berhasil menjual barang sebanyak 15 pcs maka pada bulan selanjutnya anda membutuhkan barang mungkin setidaknya 15 - 20 pcs. Ketika barang anda laku hingga persediaan habis pada setengah periode yang lalu, berarti anda perlu kira-kira 2 kali lipat dari sebelumnya. Sebaliknya pada saat penjualan sedang sepi anda perlu mengurangi pembelian terhadap barang tersebut.

Melakukan Pengecekan Barang (Stok Opname) Secara Berkala


Dalam tempat penyimpanan seringkali terjadi hal yang tidak kita inginkan seperti barang hilang, rusak, atau dipindahkan tanpa anda tahu. Alhasil informasi tentang jumlah stok yang anda punya berbeda dengan jumlah stok fisik yang ada di gudang. Apalagi dengan jumlah barang yang sangat banyak di dalam gudang yang besar.

Memberikan Kode untuk Setiap Barang


Berikanlah kode untuk setiap barang yang ada, terlebih bila anda menjual berbagai macam jenis barang dengan banyak warna, motif atau model. Kode pada setiap barang membantu anda untuk mengetahui jenis barang yang lebih spesifik pada saat penjualan. Misalnya untuk membedakan warna kode yang diberikan adalah Hijau = HJ, Putih = PT, Merah = MR, dst.

0 komentar:

Posting Komentar